Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Tuesday, June 8, 2010

Menjelang Syaum Pertama Bersama Muallaf

Bismillahirrohmanirrohim

Subhanallah kalo Allah sudah menurunkan hidayah-Nya memang tidak pernah kita sangka2 bahkan dulu pada zaman Rasulullah pernah ada bseorang pezina yang mendapat hidayah di akhir hayatnya, ketika menuju tempat tujuannya untuk bertaubat dia meninggal dan Allah memerintahkan malaikat untuk mengukur jarak antara tempat pertaubatannya dari tempat dia meninggal dan jarak antara tempatnya meninggal itu dengan tempatnya semula..dan ternyata lebih dekat jaraknya menuju tempat pertaubatannya sehingga dia dimasukan syurga..ih Subhanallah ya..semoga kita Allah golongkan kepada golongan hamba-Nya yang akan mendapat khusnul khotimah (Akhir yang baik) amin ya Rabbal alamin.

Di tempat kostanku juga ada salah seorang teman yang baru masuk islam(mualaf) dan ramadhan kali ini adalah ramadhan yang mungkin bagi beliau adalah pengalaman yang mendebarkan...
Subhanallah seminggu sebelum memasuki bulan Ramadhan beliau selalu menyinggung semua hal tentang ramadhan mulai dari penetapan hari H, sampai hal-hal kecil semacam akan makan apa kalo sahur, akan minum apa kalo buka dan hal kecil lainnya..menjelang ramadhan tiba beliau sibuk membersihkan dapur yang beliau rencanakan sebagai tempat masak nanti kalo sahur dan menjelang berbuka,sibuk banget belanja untuk memenuhi kulkasnya dengan semua bahan makanan dan minuman yang akan dijadikan cadangan untuk syaum..dan karena beliau mualaff tidak lupa juga membeli buku bacaan sholat fardu sekaligus sunnah..maklum katanya bacaan sholatnya masih belum hafal semua..ih keren ya..aku yang menyaksikannya cuma bisa berbisik Subhanallah si Mba exited banget ya.. jadi malu bandingkan dengan aku yang sudah 26 tahun ber-islam tidak se-exited itu ya..karena sudah terbiasa hidup sendiri dari sma jadi tak pernah merasakan syaum pertama dengan keluarga yang tentunya persiapannya akan heboh juga seperti waktu aku masih hidup bareng2 keluarga..yah sudah ga usah dibahas..

Pada waktu sehari sebelum syaum (hari munggahan) beliau masak berbagai macam makanan dalam jumlah yang banyak mulai dari opor ayam,sambal goreng ati,ayam goreng tepung, sambal goreng terasi, kerupuk dan antek-anteknya serta berbagai biah n minuman..aku pikir oh mungkin untuk persediaan ntar dimasukin kulkas kalo ga habis..nah pada saat proses memasaknya aku tidak menyaksikannya karena harus kerja,kok bisa tau jenis2 yang dimasaknya?ntar tenang nanti diceritain...

Ya sekali lagi tempatku kerja tidak memberikan hari liburnya di hari menjelang syaum ini ya begitulah seperti biasa tapi Alhamdulillah syukron ya Allah
aku pulang dari tempat kerja sekitar pukul 18.15 selepas sholat magrib dan tanpa larak-lirik aku langsung menuju motorku dan mulai menggasnya dengan harapn sebelum adzan isya sudah sampai kostan jadi sholat isya-nya bisa berjamaah dan ga telat, tetapi Allah berkehendak lain sepanjang jalan buah batu muacet..cet..cet..lepas dari jalan buah batu lanjut jalan soekarno-hatta yang juga padat..yah..pikirku gimana nih?cuma bisa berbisik ya Allah jangan marah ya..kalo aku telat tarawihnya perdananya..sampai SAMSAT (Perempatan kiaracondong-ciwastra)sete
lah melewati lampu merah kuputuskan untuk mengambil jalan jalur kanan yang sebenarnya adalah jalur cepat untuk kendaraan roda 4 dengan menggunakan gigi 4 dan kecepatan 100 km/jam ketika aku cek akhirnya sampai di kostan bertepatan dengan berkumandangnya adzan Isya..Alhamdulillah

Eh setelah aku masuk kost-an ada yang berbeda kamar si mbayang biasanya selalu menyala di malam hari kok padam n tak terdengar suara apapun dari dalamnya,aku berpikir oh mungkin pergi ke tempat saudaranya yang biasa beliau lakukan..ya dengan bergegas aku merapikan diri untuk menuju mesjid dan Alhamdulillah masih kebagian sholat isya berjamaah walau bermasbuk.
Selesai tarawih aku langsung pulang karena rasanya lelah karena belum makan he..he..tapi sesampinya di kostan bukannya makan malah rebahan tak lama pintu gerbang berderit tanda ada yang masuk dan ternyata si mba,beliau langsung masuk ke ruang tengah dan memanggilku keluar...he..he.. beliau langsung nanya "
kok chi2 ga sholat tarawih?"
"oh, sudah mba, ini baru pulang." jawabku
"tarawih dimana?",beliau menambahkan
"di mesjid sebelah mba."kataku
"lho kok ga ketemu,kan mba juga abis tarawih dari mesjid sebelah"
"oh,kan orangnya banyak mba panteusan aja kita ga ketemu"
si mba langsung memulai ceritanya tentang tarawih..."ih,heboh ya..seru..banyak anak-anak ribut,mba kan tempatnya di deket pintu jadi suara imamnya ga kedengeran jadi mba bingung harus berdoa apa,ya udah di hati mba cuman bilang Allah...Allah...aku nyengir sambil bertanya sama diri sendiri"trus chi2 pas imam baca Alfatihah n surat pendek pikirannya dimana?HAYO!!!!!!

Selepas bercerita si mba langsung masuk kamar yang letaknya bersebelahan dengan kamarku dan sayup ku dengar beliau sedang melafalkan doa sahur dan buka yang diulang2,mungkin ngehafal dari buku yang beliau baru beli..dan kudengar Allahuma...Allahuma..kok susah sih! katanya tapi diulang lagi Allahuma..Allahuma..Subhanallah semangat sekali, kembali aku bertanya pada diriku sendiri dan mungkin tepat juga ditanya pada diri temen2 sendiri..yang sejak lahir sudah berislam sudah berapa zuz ayat Al-QURAN yang telah berhasil di hafal?????????ketika ditanya pada hatiku langsung ada semacang tonjokan yang menohok dadaku Desigh..Desigh..Desigh bikin sesek nafas..he..he.dan entahlah malam itu doa itu berhasil dihafalnya ato tidakl karena aku keburu terlelap.

Pukul 02.00 aku terbangun karena dengar suara cekikikan dari kamar sebelah,eit jangan suudzon dulu itu suara si mba yang lagi nonton acara televisi menjelang syaur ya Allah aku berpikir apa si Mba ga tidur semalaman???aku selonjoran dengan niat mau QL tapi badanku menarikku menuju posisi telentang dan mataku mulai menutupkan kelopaknya lagi Astagfirullah..hatiku sih berbisik..ayo chi bangun!tapi badanku tak menghiraukannya,aduh dasar aneh tapi hati kecilku menjerit ya Allah tolong dong pengen QL Nih!tapi ya sekali lagi dasar aku mahluk lalai malah terlelap lagi hi..hi..hi.. tapi betapa kagetnya aku kurang lebih 10 menit setelah aku tidak sadar pintu kamarku setengah digedor-gedor oleh seseorang dan aku langsung bangun dan membuka pintu(aku kira ada maling lagi karena beberapa hari sebelumnya ada maling masuk kamarku)..n langsung aku mendapati si mba yang sedang memandangku.."chi..kok belum bangun, bukannya besok kita puasa?kamu kan harus sahur chi,ayo makan!",
Hah! aku terperanjat ini kan masih jam 02.lebih mba, kan imsyaknya jam 04.27 masih lama,
"ih kamu mah ayo makan dari sekarang biar ga kesiangan, mba udah nyiapin makan tuh di tengah ruangan'
heh! aku sedikit berkerut bicara di hati"si mba jam berapa ngangetin masakannya?"
"ya udah kalo kamu mau makan nanti mba duluan ya,ntar kamu makannya yang banyak ya.."
Subhanallah berarti makanan yang beliau masak siang itu bukan untuk persediaan tapi untuk makan bareng2 ih..ngiri jadinya..
aku berbasa-basi "beneran nih mba?"
"ya iyalah beneran"
dan ketika aku makan sahur..ya tentunya dengan lauk yang si mba siapin yang namanya sudah aku sebutkan di awal ih nikmat lho uenak banget masakannya..bikin aku pengen teriak pas nelpon rumah.."Mamah,chi2 makan makanan yang kaya di rumah juga lho!" Uenak nak nak Alhamdulillah terima kasih ya Allah, Engkau memanjakanku di sahur pertama ini he..he..

Selepas sholat subuh dan diteruskan ritual2 seperti biasanya..mataku mulai tak berkompromi lagi dan taulah apa yang terjadi selanjutnya sampai akhirnya terbangun juga pada jam 05.45,aku pikir si mba pasti ketiduran deh karena semalaman ga tidur mungkin,juga karena kelelahan nyiapin sahur tapi taukah teman2 aku dikejutkan ketika keluar kamar,lantai sudah harum tandanya sudah di pel,ketika masuk kamar mandi..bak n lantainya sudah habis dibersihkan dan ketika melihat ke teras rumah sudah ada jemuran pakaian yang masih basah! huah luar biasa si mba ga tidur sampai jam segini Subhanallah...dan ketika aku bertemu beliau di tengah rumah beliau bilang"chi,mba ga bisa tidur jadi ngerjain semua kerjaan ini...aku cuman terdiam dan berbisik SUBHANALLAH SE EXITED INIKAH?
BAGAIMANA DENGAN KU MALAH TIDUR MELULU,BAGAIMANA BISA MELAMPAUI TARGET RAMADHAN KALI INI?????????

Terima kasih ya Allah atas semua alarm alamiah ini..janagn bosan untuk mengingatkanku juga saudara2 ku seiman lainnya..berilah petunjuk jika kami tidak semangat dalam menjalankan ibadah yang sangat luar biasa ini......yuk kita introspeksi diri teman2

0 comments:

Post a Comment