Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Friday, November 19, 2010

Kerjasama UPPM STPP Bogor dengan UKI Jakarta


Kerjasama UPPM STPP Bogor dengan UKI Jakarta
Oleh Sri Hardanti., S.Si


Budidaya Ternak Skala Rumah Tangga, Budidaya Pertanian di Lahan Sempit, Budidaya Ikan Skala Rumah Tangga, Pertanian dan Ruang Lingkupnya dan Pekarangan sebagai sumber Phitofarmaka adalah materi yang diberikan staff pengajar STPP Bogor pada Mahasiswa UKI Jakarta tanggal 4-5 Oktober 2010
Secara ideal, ada tiga peran profesi dokter dalam masyarakat yaitu sebagai "agent of treatment, agent of change, dan agent of development". Artinya, para dokter diharapkan memberikan perbaikan dalam hal kesehatan fisik, mental (pola pandang), dan sosial (kebiasaan hidup) di masyarakat. Oleh Karena itu menjadikan seorang dokter mendapat status social yang tinggi. Dibalik semua itu para dokter dituntut untuk berperan lebih banyak dalam struktur lingkungan masyarakat.
Sejalan dengan Gerakan Pembangunan Berwawasan Kesehatan sebagai strategi pembangunan nasional untuk mewujudkan misi pembangunan kesehatan yaitu Indonesia Sehat 2010, maka penempatan dokter ke wilayah pedesaan dan daerah terpencil sudah merupakan agenda Kementerian Kesehatan RI. Hal ini menuntut semua dokter untuk melakukan persiapan diri dengan mempelajari kondisi social ekonomi masyarakat pedesaan Indonesia sebelum terjun ke dalam kehidupan bermasyarakat.
Kondisi social ekonomi masyarakat Indonesia yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani menuntut dokter untuk memahami latar belakang juga profesi dari para pasien sehingga akan tercipta hubungan yang harmonis diantara keduanya sekaligus ikut mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan.
Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor adalah Sekolah Tinggi kedinasan yang didukung kurikulum mata kuliah yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk melahirkan para penyuluh yang handal dan professional dibidang pertanian dan peternakan. Lulusan STPP Bogor telah diakui keberadaanya dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia sekaligus menjadi ujung tombak keberhasilan pertanian Indonesia.
Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia(UKI) bekerjasama dengan UPPM-STPP Bogor menyelenggarakan pendidikan pertanian dan peternakan dengan tujuan untuk
1. Memberikan bekal pengetahuan pertanian dan pemanfaatan pekarangan kepada calon dokter sebelum melaksanakan tugas sebagai dokter di daerah.
2. Menambah pengetahuan calon dokter tentang tanaman obat sebagai salah satu obat tradisional yang mudah diperoleh dan sebagai obat pertolongan pertama (P3K), Menambah pengetahuan tentang budidaya ternak dan ikan skala rumah tangga
3. Memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat pedesaan.
4. membekali pengetahuan awal mahasiswa kedokteran UKI sebelum terjun ke masyarakat dengan profesi dokter.
Adapun pembekalan yang dilakukan staff pengajar STPP Bogor kepada Mahasiswa Kedokteran UKI meliputi materi:
- Memperkenalkan berbagai jenis tanaman pangan
- Budidaya ternak dan ikan skala rumah tangga
- Tanaman obat dan pemanfaatan lahan sempit
Pembekalan materi ini dilaksanakan di kelas dan lahan praktek STPP Bogor. Pengetahuan tentang pertanian dan peternakan yang diperoleh dari pengayaan di STPP Bogor diharapkan dapat menjadi modal awal untuk para calon dokter berperan di masyarakat baik sebagai dokter ataupun sebagai bagian dari masyarakat itu sendiri.

Pertemuan UKI tanggal 4-5 Oktober 2010
Materi yang diberikan pada pertemuan ini adalah:
- Budidaya Ternak Skala Rumah Tangga disampaikan oleh R. Eddy Sugiharto, S.Pt, M.Si
- Budidaya Pertanian di Lahan Sempit disampaikan oleh Ir. Dwiwanti Sulistyowati
- Budidaya Ikan Skala Rumah Tangga disampaikan oleh Ir. Yuke
- Pertanian dan Ruang Lingkupnya disampaikan oleh A. Musyadar, SE., MM
- Pekarangan sebagai sumber Phitofarmaka disampaikan oleh Pekarangan sebagai sumber Phitofarmaka

0 comments:

Post a Comment